Pabrik Kantong Darah

Posted by : Administrator
Share

Sesuai dengan Mandat Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, bahwa PMI sebaiknya mandiri dalam pengadaan barang kebutuhan pelayanan darah. Pengurus Pusat PMI dalam Musyawarah Kerja Nasional tahun 2016 menetapkan bahwa PMI akan mendirikan pabrik kantong darah.

PMI memutuskan untuk bekerjasama dengan pabrik kantong darah KGC dari Korea. UTD Pusat PMI dalam hal ini memiliki tugas melakukan evaluasi terhadap kantong yang akan diproduksi. Saat ini UTDP PMI berperan sebagai koordinator dalam distribusi kantong KGC sebelum pabrik kantong berdiri. Pembangunan Pabrik Kantong darah PMI rencananya akan selesai tahun 2017.

Saat ini, UTDP PMI telah mendistribusikan sebanyak 100.000 kantong KGC. Pada tahap pertama ini kantong darah tersebut masih diproduksi di KGC Korea Selatan.

PMI Sesuai dengan Peraturan yang ditetapkan oleh Pengurus Pusat PMI, UTDP PMI memiliki wewenang untuk membina secara teknis pelayanan darah UTD PMI Kabupaten, Kota, Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. UTDP PMI melakukan pembinaan, pengawasan, pendidikan, pelatihan, rujukan, dan kegiatan lainnya, terkait teknis pelayanan darah kepada UTD PMI tingkat Kota/ Kabupaten dan PMI Provinsi yang berada di seluruh Indonesia.
© 2019 Unit Transfusi Darah Pusat - Palang Merah Indonesia Follow Unit Transfusi Darah Pusat : Facebook Twitter Linked Youtube