Nasionalisasi Program Simdondar

Posted by : Administrator
Share

Sistem Informasi Manajemen Donor Darah (SIMDONDAR) adalah program dokumentasi, pencatatan, Sistem Informasi kegiatan pelayanan darah yang dilakukan di setiap UTD PMI. Dengan pengembangan Aplikasi SIMDONDAR, maka informasi antar UTD PMI akan terintegrasi dan terpusat di data base Nasional. Oleh karena itu, seluruh data yang diperlukan bersifat real time (online). Sehingga data tersebut dapat kita ketahui bersama, demi kepentingan keamanan dan pelayanan darah.

Saat ini terdapat 78 UTD PMI yang menggunakan Aplikasi SIMDONDAR. Sehingga ke-78 UTD PMI tersebut dapat terintegrasi antar UTD dan tersentral di UTDP PMI. Rencananya, setiap bulan akan bertambah 2-3 UTD PMI yang memasang program SIMDONDAR.

Pada pertengahan tahun 2016, UTDP PMI telah membentuk Tim SIM Nasional. Pembentukan Tim tersebut bertujuan untuk mempercepat penerapan Aplikasi SIMDONDAR di seluruh UTD PMI di Indonesia. Selain itu untuk mempermudah pelayanan, pemeliharaan, dan penanganan masalah (troubleshooting) program tersebut.

Meskipun demikian, UTDP PMI selaku koordinator Tim SIM nasional terus mengkaji dan memperbaiki sistem perangkat lunak SIMDONDAR. Pembaruan sistem tersebut agar sesuai dengan kebutuhan monitoring dan evaluasi (monev) secara nasional maupun internasional. Selain itu, agar kebutuhan darah antar UTD PMI dapat diakomodir baik oleh UTD tipe pratama, madya maupun Utama yang mempunyai donasi cukup banyak.

Pemasangan Aplikasi SIMDONDAR untuk setiap UTD PMI merupakan pelayanan UTD Pusat ke UTD PMI di seluruh Indonesia. Meskipun demikian, setiap UTD yang akan memasang serta menggunakan Program perangkat lunak SIMDONDAR memiliki kewajiban untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Untuk mengatasi permasalahan koneksi dengan sejumlah UTD PMI yang telah mengembangkan SIM UTD PMI secara mandiri, maka saat ini sedang disusun metode untuk menggabungkan data (singkronisasi) yang diperlukan dari beberapa UTD PMI tersebut. Sehingga diharapkan nantinya semua UTD PMI dapat terkoneksi melalui aplikasi SIMDONDAR.

PMI Sesuai dengan Peraturan yang ditetapkan oleh Pengurus Pusat PMI, UTDP PMI memiliki wewenang untuk membina secara teknis pelayanan darah UTD PMI Kabupaten, Kota, Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. UTDP PMI melakukan pembinaan, pengawasan, pendidikan, pelatihan, rujukan, dan kegiatan lainnya, terkait teknis pelayanan darah kepada UTD PMI tingkat Kota/ Kabupaten dan PMI Provinsi yang berada di seluruh Indonesia.
© 2019 Unit Transfusi Darah Pusat - Palang Merah Indonesia Follow Unit Transfusi Darah Pusat : Facebook Twitter Linked Youtube