Fraksionasi Plasma

Posted by : Administrator
Share

Saat ini terdapat kurang lebih 60.000 liter plasma yang terbuang setiap tahunnya. Hal itu dapat terjadi karena plasma tersebut tidak digunakan. Plasma yang berasal dari beberapa UTD PMI tipe utama (Jakarta, Bandung, Semarang, Surakarta dan Surabaya).

Seharusnya plasma itu dapat diolah (dilakukan fraksionasi plasma) menjadi berbagai produk darah: Human Albumin, Faktor VIII, Faktor IX, IgG, dll. Meskipun demikian, Persediaan plasma yang ada saat ini kualitasnya belum memenuh standar GMP (Good Manufacturing Product) atau Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) syarat tersebut harus terpenuhi agar plasma itu dapat difraksionasi. Oleh karena itu, harus ada peningkatan dan pembenahan kualitas plasma tersebut. Peningkatan kualitas mulai dari penanganan donor, pengolahan, hingga proses distribusi.

UTD PMI (UTDP, UTD Jakarta, Bandung, Semarang, Surakarta dan Surabaya) telah mendapat pelatihan GMP, yang diselenggarakan UTDP PMI. Selanjutnya, enam UTD PMI tersebut telah mendapatkan audit GMP oleh BPOM dan auditor spesialis darah WHO (UTD Surabaya). Hasil audit menyatakan bahwa sebagian dari UTD sudah memulai untuk mengimplementasikan GMP namun masih memerlukan pendampingan lebih lanjut dalam mengimplementasikannya.

Oleh karena itu, UTD tersebut akan meminta seorang konsultan GMP agar pada tahun 2016, ke-6 UTD PMI akan mendapatkan sertifikasi GMP dari BPOM, sehingga plasma darahnya dapat difraksionasi menjadi produk darah.

Saat ini PMI telah bekerjasama dengan PT Biofarma yang ditunjuk oleh Kemenkes sebagai penyelenggara pelaksana Fraksionasi  Plasma. Berdasarkan dengan PMK No 72/2015 maka UTD PMI akan menyediakan bahan baku plasma yang sudah terakreditasi GMP untk fraksionasi yang dilakukan oleh PT Biofarma.

PMI Sesuai dengan Peraturan yang ditetapkan oleh Pengurus Pusat PMI, UTDP PMI memiliki wewenang untuk membina secara teknis pelayanan darah UTD PMI Kabupaten, Kota, Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. UTDP PMI melakukan pembinaan, pengawasan, pendidikan, pelatihan, rujukan, dan kegiatan lainnya, terkait teknis pelayanan darah kepada UTD PMI tingkat Kota/ Kabupaten dan PMI Provinsi yang berada di seluruh Indonesia.
© 2019 Unit Transfusi Darah Pusat - Palang Merah Indonesia Follow Unit Transfusi Darah Pusat : Facebook Twitter Linked Youtube